Diagnosis Penyakit Prostat

Diagnosis Penyakit Prostat – Menurut estimasi American Foundation for Urologic Disease, lebih dari setengah laki-laki berumur 50 tahun ke atas mengalami pembesaran prostat. Jumlah ini bertambah seiring bertambahnya umur dan pada umur 80 tahun diperkirakan bahwa 80 % laki-laki mengalaminya.

Diagnosis Penyakit Prostat

Diagnosis Penyakit Prostat

Penyakit Prostat

Jika prostat membesar, kelenjar prostat bisa menutupi sebagian aliran urine melalui ureter yang menyebabkan tekanan balik dalam ginjal. JIka tidak diatasi, kondisi ini bisa menimbulkan penyakit ginjal kronis. Untungnya sudah banyak pendekatan medis dan gizi yang tersedia untuk mengobati gangguan pada laki-laki.

Berikut beberapa cara Diagnosis Penyakit Prostat dan seputar gangguan prostat, diantaranya adalah :

  • Diagnosis Penyakit Prostat dapat dilakukan dengan tes warna kemih dan pembiakan kemih, di samping pemeriksaan PSA. Dapat ditanggulangi efektif selama 2-4 minggu dengan antibiotika yang daya penetrasinya baik ke dalam jaringan prostat, seperti ofloksasin dan kotrimoksazol yang keduanya membutuhkan resep dokter.
  • Diagnosis Penyakit Prostat dipastikan oleh dokter dengan mengambil sedikit jaringan prostat (biopsi) dengan alat khusus. Kanker ganas ini pada umumnya diderita lansia sangat lambat pertumbuhannya, bahkan dikatakan bahwa “banyak pria meninggal dengan kanker prostat dan tidak akibat kanker prostat”. Pengobatan harus dilakukan oleh dokter spesialis dengan obat-obatan khusus, antara lain dengan antihormon.

Gejala Prostat

Gejala prostat yang terjadi khususnya untuk gangguan prostat BPH adalah susahnya buang air kecil, bahkan disaat kandung kemih sudah dalam keadaan penuh. Dan seiring dengan waktu, biasanya masalah ini kemudian akan mempengaruhi otot-otot kandung kemih dan kemudian membuatnya lebih hipersensitif. Penderita biasanya akan lebih sering mengalami kegagalan untuk bisa mengosongkan kandung kemih, dan walaupun sudah bberusaha dengan keras dorongan untuk buang air kecil akan menjadi lebih sering lagi dan lebih sering terjadi di malam hari.

Gejala prostat lainnya adalah :

  1. Dorongan atau desakan untuk buang air kecil, bahkan pada beberapa pria kemungkinan mengompol tanpa bisa ditahan.
  2. Penundaan antara awal berkemih dan juga aliran urin
  3. Aliran urin yang lemah atau juga terputus-putus
  4. Urin yang menetes setelah buang air kecil
  5. Perasaan bahwa kandung kemih yang tidak kosong setelah melakukan buang air kecil
  6. Sakit punggung dibagian bawah, panggul, dan juga paha atas
  7. Adanya rasa sensasi terbakar disaat sedang buang air kecil

Namun pada setiap individu pasti menunjukkan gejala prostat yang berbeda-beda. Dan gejala lainnya yang juga bervariasi pada setiap individu yang terjadi disepanjang perjalanan penyakir prostat. Harus ditekankan dan ditegaskan bahwa gejala prostat diatas bukan berarti selalu menunjukkan bahwa adanya suatu pembesaran prostat. Penyakit lain yang bisa saja menimbulkan gejala yang sama lainnya.

Komplikasi Penyakit Prostat

Komplikasi yang terjadi dari penyakit prostat adalah kandung kemih yang tidak terkuras dan tidak keluar dengan sepenuhnya akan meningkatkan untuk terjadinya suatu resiko infeksi saluran kemih. Dan pada beberapa pria yang menderita penyakit BPH biasanya akan mengembangkan penyakit berubah menjadi batu kandung kemih. BPH juga bisa saja menyebabkan ketidakmampuan dengan total untuk bisa buang air kecil yang dikenal dengan istilah retensi akut. Hal ini biasanya diakibatkan karena suatu penyumbatan yang lengkap uretra dan juga merupakan salah satu keadaan yang gawat darurat secara medis yang membutuhkan suatu perawatan dengan segera untuk mencegah terjadinya ginjal mengalami kerusakan.

Jika diganosis penyakit prostat sudah dilakukan, maka dokter akan mulai melakukan penanganan penyakit prostat :

  1. Pemberian obat-obatan
    Beberapa jenis obat generasi baru yang baisanya disebut dengan alpha-blocker yang bisa membantu untuk melemaskan jaringan pada prostat dan membantu melancarkan air seni, terutama penyumbatan pada uretra yang terjadi tidak parah. Obat lain yang bisa membantu untuk mengurangi ukuran dari prostat dengan cara mengelola hormon testosteron. Obat-obatan jenis ini memungkinkan banyak penderita BPH dalam menghindari operasi sebagai salah satu jalan pengobatan.
  2. Pembedahan
    Untuk banyak kasus, operasi biasanya seringkali masih menjadi salah  satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan suatu masalah. Teknik yang biasanya banyak digunakan saat ini adalah Teknik TURP yakni Reseksi Transuretral Prostat. Dalam prosedur pembedahan endoskopik ini biasanya sebagian dari jaringan prostat yang mengalami pembesaran kemudian dikelupas. Jika prostat hanya mengalami pembesarannyang sedikit, maka mungkin cukup dengan membuat suatu sayatan kecil pada prostat untuk membantu mengurangi terjadina penyempitan pada uretra. Dan jika prostat mengalamo pembesaran maka kemungkinan untuk membuat suatu irisan pada perut dibagian bawah dan juga melakukan pembedahan secara terbuka. Namun prosedur ini biasanya jarang untuk dilakukan.
    Pembedahan mempunyai resiko lebih tinggi kompikasinya dibandingkan dengan minum obat-obatan. Dan diantara dari resiko obat-obatan yang diminum dan juga suatu pembedahan pada BPH adalah terjadinya impotensi, inkontinensia urin dan rejakulasi retrogard.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa sekitar 74% pria yang mengalami masalah ejakulasi retrogar, 14% mengalami masalah impotensi atau ereksi lemah, dan sekitar 5% pria mengalami masalah inkontinensia urin setelah melakukan operasi TURP.

Kateter merupakan salah satu cara lain yang dilakukan untuk mengatasi masalah gejala prostat. Pada beberapa penderita BPH dengan kasus retensi urin yang sudah tidak bisa melakukan operasi. Kateter bisa menjadi salah satu jalan alternatif untuk membantu mengatasi kondisi ini, yang bisa ditempatkan pada kandung kemih lewat uretra atau juga lewat perut bagian bawah. Namun dengan menggunakan kateter permanen, pasien biasanya lebih beresiko mengalami infeksi saluran kemih.

Diagnosis Penyakit Prostat


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Prostat and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *