Gejala Prostat

Gejala prostat umumnya tidak begitu dirasakan bila masih di awal. Gejala prostat umumnya sama dengan seakit batu kemih atau terganggunya bagian saluran kandung kemih. Prostat sendiri merupakan sebauh kelenjar yang bertugas dalam mengatur peredaran air seni dan air mani. Pada laki-laki yang sudah lanjut usia, kelenjar ini sering membesar dan menghambat pengeluaran air seni.

Gejala Prostat

Gejala Prostat

Gejala Prostat

Berikut ini ada beberapa gejala dari gejala prostat sebagai munculnya gangguan prostat adalah :

  • Sering buang kecil
  • Buang air kecil tidak tuntas
  • Rasa ingin baung air kecil setelah selesai buang air kecil
  • Terkadang disertai nyeri ketika buang air kecil
  • Secara umum gangguan prostat terjadi pada laki-laki berusia di atas 40 tahun, tetapi laki-laki dengan usia lebih muda dapat pula terkena gangguan prostat.

Hiperplasia noduler atau pembesaran prostat jinak ditemukan pada sekitar 20% pada laki-laki berusia 40 tahun. Angka ini akan meniingkat menjadi 70% pada usia 60 tahun dan menjadi 90% pada usia 70 tahun. hanya 50% seseorang yang menderita prostat dengan bukti-bukti mikroskopik hiperplasia noduler yang memiliki pembesaran prostat yang bisa didetkesi secara klinis, pada individu ini hanya 50% yang menunjukkan gejala klinis. Hiperplasia noduler prostat merupakan persoalan yang sangat besar pada lebih kurang 30% populasi laki-laki kulit putih Amerika yang berusia di atas 5 tahun dengan gejala sedang hingga berat. Tidak ada hubungan yang ditemukan antara hiperplasia prostat jinak (BPH/benign prostatic hyperplasia) dan karsinoma prostat.

Gejala prostat yang sudah diketahui apabila tidak segera ditangani akan beranjak menjadi penyakit prostat yang cukup serius yakni kanker prostat yang sebagian besar menyerang usia lanjut. Ketika memasuki usia 40 tahun kerja prostat akan semakin menurun ditambah lagi penurunan fungsi hormon tubuh yang semakin berkurang. Ketika prostat berubah menjadi pembesaran prostat jinak dan kanker prostat. Tentunya hal ini sulit dibedakan dan diperlukan pemeriksaan yang dapat mendeteksi dini sekaligus membedakan antara kanker prostat dengan pembesaran prostat jinak.

Gejala Prostat yang ditimbulkan umumnya muncul di malam hari ketika seseorang pergi tidur seperti rasa ingin buang air kecil di malam hari dan terbangun, air kemih yang tidak tuntas di keluarkan sehingga perasaan masih ada air kemih yang belum keluar, rasa sakit ketika baung air kecil.

Gejala lain yang harus diperhatikan ketika prostat mengalami pembesaran prostat jinak, adalah :

  1. Rasa sakit ketika berkemih
  2. Terkadang air kemih yang keluar bercampur dengan darah
  3. Rasa sakit ketika berhubungan seksual, sehingga sulit untuk ereksi dan cepat ejakulasi
  4. Sering meraskan nyeri atau kaki terutama sakit punggung bawah dekat dengan tulang ekor, pinggul atau paha atas

Gangguan prostat yang terjadi yang umum dialami oleh pria bisa disebabkan 3 jenis gangguan prostat beriut ini :

  1. Pembesaran pada prostat
  2. Prostatitis
  3. Kanker prostat

Penyakit prostatitis merupakan salah satu jenis gangguan prostat yang biasanya terjadi pada usia muda, selain itu gangguan lain yang biasanya terjadi pada pria diatas 50 tahun. Jadi, jika belakangan ini Anda merasakan dorongan atau buang air kecil yang berubah seperti Anda menjadi lebih sering bangun di malam hari karena adanya dorongan atau desakan untuk buang air kecil yang menjadi sangat sudah ditahan, atau bahkan Anda merasakan gejala akit saat sedang berkemih, kemungkinan hal ini merupakan salah satu gangguan prostat yang terjadi.

Gangguan Prostat

Jenis gangguan prostat yang masih belum diketahui, karena gangguan pada prostat selalu menunjukkan beberapa sinyal atau gejala yang sama. Dan biasanya setelah penderita melakukan pemeriksaan diri ke dokter maka akan diketahui jenis dari gangguan yang sedang dialami. Namun, jika gejala ini dialami oleh pria yang usianya lebih muda, maka kemungkinan besar bisa diakibatkan karena penyakit prostatitis.

Lokasi dari prostat berada pada bawah kandung kemih, letaknya di belakang kemaluan dan juga tepat di depan rektum. Prostat membungkus di sekitar uretra yang merupakan salah satu tabung yang bisa membawa urin dari kandung kemih untuk menuju keluar dari penis. Pada bagian bawah prostat terdapat suatu bagian yang berhubungan atau berkaitan dengan uretra yang mempunyai tanggung jawab dalam mengontrol atau mengendalikan aliran urin. Hal itulah mengapa perubahan yang terjadi dari prostat akan sangat mempengaruhi aliran urin.

Fungsi dari prostat adalah untuk membantu memproduksi cairna yang warnanya putih disebut dengan semen atau air mani. Cairan ini kemudian akan membawa sperma menuju keluar dari penis dan bisa menjadi nutris untuk sperma. Lokasinya yang tersembunyi dan juga ukurannya yang kecil, maka keadaan prostat secara fisik bukan hanya dapat diketahui lewat uji rektal digital. Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi suatu pembesaran pada prostat, mengalami infeksi atau juga muncul beberapa benjolan dari perubahan tekstur di prostat. Fungsi dari prostat adalah membantu kontrol aliran urin.

Selama aktivitas seksual sedang berlangsung, besikula seminalis yang menempel pada prostat kemudian akan menghasilkan prostat yang bercampur dengan cairan pada prostat sehingga kemudian akan terbentuk air mani. Tabung yang berasal dari testis kemudian akan membawa sperma yang berasal dari testis menuju ke sperma dimana kemudian akan bercampur air mani. Cairan ini pada akhirnya akan keluar lewat uretra saat ejakulasi sedang berlangsung.

Gejala Prostat


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Prostat and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.