Macam-Macam Penyakit Prostat

Macam-Macam Penyakit ProstatPenyakit prostat yang hanya dialami pria merupakan masalah yang cukup besar dan cukup mengganggu baik secara seksual maupun pribadi, penyakit prostat pada pria ini umumnya timbul ketika pria berusia diatas 50 tahun. Beberapa pria yang mengalami penyakit prostat dapat mengalami beberapa gejala prostat, seperti tidak dapat buang air kecil, sering berkemih di malam hari, sering merasakan sakit pada bagian panggul hingga ke daerah alat vital, air kemih yang dikeluarkan berjumlah sedikit, terkadang berkemih tidak sampai tuntas, dll.

Macam-Macam Penyakit Prostat

Macam-Macam Penyakit Prostat

Gangguan Prostat

Pria yang mengalami gangguan seputar prostat beraneka ragam, gangguan prostat itu sendiri terbagi menjadi 3 jenis gangguan prostat tersebut yang menjadi momok menakutkan bagi pria dewasa. Gangguan pada prostat memang kebanyakan dialami oleh pria yang berusia lanjut, namun risiko penyakit prostat ini dapat terjadi pada mereka pria yang berusia dewasa muda.

Prostat memiliki ukuran berat kurang lebih hingga 25 gram pada pria dengan rentang usia 25-30 tahun, jika diamati dengan menggunakan alat-alat medis ukuran prostat pria seperti biji kenari dengan diameter 4 cm. Prostat sendiri memiliki fungsi sebagai kelenjar seksual pria yang terletak di bawah saluran kandung kemih dan mengelilingi uretra.

Ketika pria mencapai usia pubertas, prostat mulai berfungsi mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang sehat untuk menghasilkan sperma yang sehat juga. Namun seiring bertambahnya usia seorang pria, prostat akan mulai mengalami gangguan di seputar prostat karena hormon pria akan mulai mengalami penurunan fungsi. Pria dapat mengalami Macam-Macam Penyakit Prostat, diantaranya Macam-Macam

Penyakit Prostat adalah pembesaran prostat jinak, peradangan prostat, dan kanker prostat.

  • Pembesaran prostat jinak
    Pembesaran prostat jinak adalah keadaan dimana pertumbuhan kelenjar prostat yang berlebihan. Hal ini disebabkan oleh usia yang semakin bertambah sehingga mempengaruhi fungsi kerja hormon yang semakin menurun, fungsi sel leydig pada testis sebagai penghasil hormon androgen utama yakni testosteron
    Perubahan testosteron menjadi dehidrostestosteron (DHT) di dalam sel prostat menjadi faktor masuknya DHT ke dalam inti sel prostat yang dapat menyebabkan inskripsi pada RNA, sehingga terjadi pembentukan protein yang menyebabkan sel prostat bertambah banyak.
    Gejala prostat yang akan terjadi pada pembesaran prostat jinak adalah keluarnya air kemih yang sedikit, air kemih terkadang keluar tidak tuntas, dan sering berkemih pada malam hari.
  • Radang Prostat
    Radang prostat atau prostatitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri serhingga menyebabkan prostat mengalami peradangan dan membengkak. Saat prostat mengalami peradangan atau pembengkakan akan mulai merasakan sakit. Umumnya radang prostat ini lebih berisiko pada pria yang sering mengalami gangguan seputar saluran kemih atau radang saluran kemih.
    Bakteri yang diketahui yang menyebabkan radang saluran kemih kemudian berkembang menjadi radang prostat adalah bakteri jenis Escherichia coli, bakteri Klebsiella, Enterobakteri, Pseudomonas, Streptokokkus, dan Stafilokokkus.
    Gejala prosat yang sering diperlihatkan ketika terkena radang prostat, adalah sakit saat mengalami ejakulasi ketika melakukan hubungan seksual, sperma yang keluar bercampur darah, dan mengalami penurunan pada fungsi organ-organ seksual.
  • Kanker prostat
    Kanker prostat merupakan kanker yang hanya menyerang kelenjar prostat, sehinga sel-sel yang tidak normal tumbuh dan tidak terkendali.
    Kanker prostat sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yakni :
    a. Kanker prostat yang masih terbatas dalam organ prostat (kanker dini).
    b. Penyakit Kanker prostat yang sudah menyebat keluar prostat, baik ke organ sekitar maupun metastasis (penyebaran) jauh (kanker lanjut).
    Kanker prostat jarang sekali menyerang pria yang berusia di bawah 45 tahun. Namun penyakit kanker prostat ini selalu identik dengan faktor genetika keluarga (salah satu anggota keluarga pernah atau sedang mengalami kanker prostat).

Cara Mengobati Gejala Prostat

Cara mengobati gejala prostat yang terjadi adalah dengan melakukan beberapa langkah dibawah ini :

  1. Mengonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin E dan sebaiknya dimakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Ini merupakan salah satu jenis antioksidan alami yang mempu membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh
  2. Jangan minum minuman seperti alkohol, kafein dan termasuk bir
  3. Mengonsumsi produk yang berasal dari kedelai yang hars ditingkatkan, kandungan yang ada di dalam kedelai adalah kandungan isoflavon yang bisa membantu mencegah terjadinya pembesaran pada prostat dan penyakit kanker prostat.
  4. Makanan yang mengandung senyawa zinc yang harus dimakan. Zinc dinyatakan sebagai salah satu kandungan makanan yang membantu mengurangi terjadinya peradangan dan juga gejala lain dari infeksi prostat yang terjadi.
  5. Mengonsinsumi minyak biji rami yang membantu mencegah terjadinya peradangan dan juga pembengkakan.
  6. Melakukan olahraga sepeda unutk membantu mengurangi gejala prostat
  7. Mandilah dengan air hangat yang membantu untuk mengurangi rasa sakit yang muncul dan juga membantu dalam merelaksasikan otot perut dibagian bawah.

Langkah yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan prostat adalah :

  1. Sebaiknya jangan menunda buang air kecil dan lakukanlah dengan segera saat dorongan buang air kecil datang
  2. Hindarilah minuman yang mengandung alkohol serta kafein disaat makan malam
  3. Jangan minum air 2 jam sebelum tidur
  4. Cobalah unutk tidak minum obat-obatan yang dijual bebas dan obat penyakit sinusitis yang mengandung dekongestan atau juga obat antihistamin.

Macam-Macam Penyakit Prostat


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Prostat and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>