Pencegahan Penyakit Prostat

Pencegahan Penyakit Prostat  – Prostat adalah kelenjar pada alat kelamin laki-laki yang melingkupi bagian atas lairan kandung kemih dan berbatasan dengan proses usus. Seseorang yang menderita pembengkakan prostat sering bangun pada malam hari untuk buang air kecil. Mengalirnya air kencing pada penderita radang prostat sangat lambat dan memerlukan waktu lama untuk mengosongkan kandung kemihnya. Air kencing yang keluar biasanya hanya menetes.

Pencegahan Penyakit Prostat

Pencegahan Penyakit Prostat

Pencegahan Penyakit Prostat

Terdapat beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menghambat gangguan ini, memperbaiki saluran kemih dan menghindari retensi urine. Yang terpenting adalah :

  1. Jangan menahan keinginan untuk berkemih dan sebaiknya berkemih dalam posisi duduk sehingga otot-otot dasar panggul dalam keadaan rileks.
  2. Pada malam hari jangan banyak minum, tetapi siang hari perlu minum secukupnya.
  3. Menghindari alkohol dan kopi yang dapat memciu berkemih
  4. Menghindari imobilitas yag berkelanjutan, misalnya duduk selama berjam-jam.
  5. Mengkonsumsi makanan yang dapat memperkuat prostat, seperti semangka dan tomat yang mengandung antioksidan likopen.
  6. Menghindari konsumsi lemak karena dapat meningkatkan pembesaran prostat
  7. Mewaspadai beberapa jenis obat yang dapat memperburuk proses berkemih, misalnya beberapa diuretika, obat antidepresi dan beberapa antihistaminika serta obat antimampat (efedrin, fenilpropanolamin) yang sering kali terdapat dalam obat-obat flu bebas. Obat dekongestan ini memiliki efek samping menciutkan eher kandung kemih sehingga menyulitkan berkemih, bahkan ada kalanya berakibat tidak dapat berkemih sama sekali (retensi urine) sehingga pada pendeia harus dipasang kateter.

Prostat merupakan salah satu alat organ vital pria yang keberadaannya sangat penting karena peranannya adalah untuk membantu memproduksi semen atau juga air mani. Cairan dari semen adalah nutrisi bagi sperma dan juga sekaligus sebagai salah satu media yang bisa membantu mengantar sperma keluar dari penis disaat ejakulasi sedang terjadi. Dan posisi dari porstat yang terletak persis di dekat kandung kemih bawah.

Uretra merupakan tabung ata juga saluran yang bisa membantu mengangkut urin dari kandung kemih dan kemudian membawanya menuju keluar dari penis serta melewati pusat dari prostat. Jadi disaat sedang terjadi suatu pembengkakan dibagian prostat maka urin biasanya akan mengalami hambatan untuk bisa keliar. Hingga saat ini masih belum diketahui penyebab dari prostat mengalami pembesaran, namun beberapa penelitian mengungkapkan bahwa pembesaran yang terjadi saluran kelenjar prostat berhubungan erat dengan produksi dari hormon testosteron.

Faktor Resiko Gejala Prostat

Faktor resiko seseorang yang mengalami gejala prostat adalah :

  1. Pria yang berusia dibawah 40 tahun yang biasanya sangat jarahg mengalami pembesaran prostat. Di usia 55 yahun, 1 dari 4 pria mempunyai resiko gejala prostat yang mengalami pembengkakan dan di saat usia yang mencapai 75 tahun, setengah pria biasanya mengalami masalah yang terjadi pada prostat.
  2. Genetik
    Genetik atau keturunan berhubungan anatara darah dengan penderita yang mengalami penyakit prostat maka resiko ini juga akan semakin bertambah besar lagi.
  3. Wilayah
    Dari suatu penelitian menunjukkan bahwa adanya suatu pembesaran pada prostat terjadi lebih sering dibagian wilayah Amerika dan juga Australia. Penderita yang beraal dari Asia misalnya seperti Cina, India dan juga Jepang jumlahnya tidak banyak.

Pencegahan penyakit prostat harus dilakukan dengan baik. Jika Anda terlanjur menderita penyakit prostat, maka pencegahan penyakit prostat bisa dibantu dengan melakukan pengobatan yang tepat. Pengobatan yang tepat dilakukan adalah tergantung dari tingkat keparahan gejala yang dialami oleh si penderita. Dan juga tergantung dari sejauh mana gangguan tadi bisa mempengaruhi suatu produktivitas dan juga kesehatan penderita, kondisi kesehatan, gejala yang dialaminya dan juga dari ukuran pembesaran serta usia yang terjadi.

Pilihan jenis pengobatan yang juga termasuk menunggu waspada, serta perubahan dari gaya hidup, obat-obatan atau juga operasi. Dari beberapa penderita yang biasanya juga menunggu untuk melihat apakah gejala ini akan menjadi semakin parah atau juga tidak.

Beberapa jenis obat golongan Alpha Blockers yang bisa digunakan dalam membantu mengobati pembengkakan prostat misalnya seperti terazosin, doxazosin, tamsulosin, alfuzosin, dan silodosin. Obat obatan ini kemudian akan merileksan kandung kemih serta bagian otot yang ada di prostat sehingga membuat uretra menjadi tidak tertekan dan bisa dengan mudah membuat buang air kecil. Cialis atau juga taladafil yang banyak digunakan untuk membantu mengatasi mengobati disfungsi ereksi bisa juga digunakan dalam mengatasi masalah pembesaran prostat. Namun, obat ini jangan dikombinasikan dengan obat jenis golongan alpha blokers.

Jika Anda mengalami suatu pembesaran prostat atau BPH, maka pemeriksaan harus dilakukan dengan rutin paling tidak setiap tahunnya dan juga melakukan suatu evaluasi obat yang sedang Anda konsumsi. Apakah gejala yang terjadi bisa menjadi semakin ringan atau juga tidak. Dan banyak pada pria yang usianya 6- tahun ke atas, walaupun sudah mengalami masalah pembesaran prostat namun hanya mengalami gejala yang sifatnya ringan. dan daldma hal ini maka sikap Tunggu-Waspada bisa dibantu dengan menerapkan perubahan gaya hidup.

Untuk kasus gejala prostat yang parah maka disaat repon pada obat-obatan tidak terjadi dengan cukup bagus, maka dokter akan mempertimbangkan keadaan kesehata pada penderita yang akan menyarankan tindakan untuk melakukan operasi dalam membantu menghilangkan bagian dalam kelenjar prostat yang bisa menghalangi uretra.

Pencegahan Penyakit Prostat


=====================================

>>> Prostano Obat Herbal Prostat, Menjaga Kesehatan Fungsi Prostat, Mencegah Pembengkakan Prostat & Mengecilkan Prostat yang Sudah Membengkak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Prostat and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>